Hari yang sangat melelahkan ketika harus bergulat dengan setumpuk dokumen dan data-data yang masih berhamburan menjelang penilaian PROPER di salah satu PKS di Kepulauan Bangka. Tidak seperti biasanya, dimana setiap orang menghabiskan waktu luang di akhir pekan, saya malah asyik bekerja mempersiapkan ‘pertempuran’ yang hasilnya sangat berpengaruh terhadap perusahaan.

Malam ini, tepat satu minggu berlalu sejak kedatangan saya bersama tim untuk menyelesaikan pekerjaan menantang di pulau bangka. Ini adalah pengalaman pertama saya ke Bangka dan bersyukur bahwa lokasi kebun yang saya kunjungi kali ini cukup memberikan kenyamanan untuk terus tinggal di Mess management dengan segala fasilitasnya. Tepat di hari kelima dimana seharusnya saya kembali ke ibukota bersama tim, datanglah mandat yang mengharuskann saya extend seorang diri untuk support pekerjaan lain.

Yaa.. PROPER!! sudah tidak asing alagi bagi saya, namun kali ini harus support pada unit yang selama ini tidak pernah saya ‘handle’. dengan kerjasama tim, saya optimis bisa melalui penilaian esok hari dengan sukses dan tentunya dengan hasil yang memuaskan. itulah satu-satunya harapan yang mungkin bisa mengobati kerinduan saya akan ibukota dan tempat tinggal tercinta.

Dari sekelumit pekerjaan yang tak henti-hentinya menerpa, saya teringat kembali bahwa ada kewajiban lain yang harus segera diselesaikan dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama. Sejak seminar proposal tesis 2 minggu lalu, hingga saat ini saya belum pernah lagi menyentuh dan mewujudkan rancangan penelitian yang sudah disusun. Bisa dibayangkan betapa sulitnya membagi waktu antara pekerjaan dengan kepentingan studi pasca sarjana saya. Namun itulah jalan yang saya pilih dan menjadi konsekuensi yang harus saya terima. Saat ini saya hanya bisa ‘fight’ mejalani keduanya dengan harapan dapat terus berjalan seiring dan saling mendukung. So, ‘Kerja vs tesis’ bukanlah ide yang tepat. Mari bekerja sambil belajar dan belajar sambil bekerja. Tetap semangat,,,